SEJUMLAH CATATAN UNTUK JSP

Ada beberapa pertanyaan yang  diajukan beberapa anggauta JSP yang akan saya jawab di bawah ini. Meskipun telah disampaikan selama ini, bahwa saya tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan orang per-orang, tetapi masih ada sejumlah pertanyaan yang diajukan. Berkaitan dengan hal ini, sekali lagi saya ingin menyampaikan, bahwa untuk fair-nya bagi semua orang, kebijakan di atas tetap berlaku. Saya hana akan menjawab secara terbuka – jika pertanyaan itu saya anggap relevan, dan atau menarik perhatian saya – dalam forum terbuka, yang dapat diakses oleh semua orang.

Masalah Alokasi Asset. Jika ada saham yang menarik untuk bisa dimasukan ke dalam JSP, saya tidak pernah menyampaikan nilai alokasi seperti apa yang bisa dilakukan untuk saham tersebut – kecuali untuk catatan terakhir untuk Silver/SLV, yang merupakan hedging dan bukan investasi. Alasannya jelas, karena alokasi itu tergantung tujuan dan risk profile masing-masing orang. Alokasi yang tepat untuk satu orang, tidak dengan sendirinya tepat buat orang lain yang memiliki risk profile berbeda. Berkaitan dengan alokasi assets ini, saya juga menganjurkan agar berbicara dengan Financial Advisory masing-masing, yang tentu lebih tahu tentang risk-profile masing-masing orang. Saya bukan Financial Adviser Anda, dan saya juga tidak mengetahui risk profile Anda. Bahkan untuk saham yang saya masukan ke dalam JSPortfolio, saya juga telah menyampaikan, agar bisa dipastikan terlebih dulu apakah karakter saham itu sesuai dengan kerangka portfolio Anda. 

  • Dalam Kata Pengantar JSP, saya menyampaikan expektasi saya, bahwa dalam 1 bulan akan ada satu atau dua perusahaan yang dapat dimasukan kedalam JSP. Masuknya lebih dari 10 emiten di bulan Mei dan Juni kedalam JSP, lebih disebabkan oleh adanya peluang yang ditawarkan pasar saat itu. Oleh karena itu, dalam catatan itu saya juga telah menyampaikan bahwa terjadinya hal itu merupakan pengecualian. Mengharapkan terjadinya hal yang sama setiap bulannya, bukan merupakan hal yang realistis. Pada bulan Juli, ada dua saham baru yang masuk, sesuai dengan apa yang saya harapkan. Tidak melakukan apa-apa, bisa menjadi opsi yang lebih reasonable untuk seorang investor. 
  •    Saya juga selalu menyarankan untuk secara disiplin melakukan trailing-stop, meskipun untuk saham-saham tertentu, saya pasti akan menyampaikan – jika trailing stop terkena – apakah hal itu saya lakukan juga atau tidak, seperti dalam kasus Aston Martin. Aston Martin merupakan saham pertama yang terkena hit angka trailing-stop, yang menghasilkan keuntungan yang sangat baik, di atas 100%. Bahkan saat AML ini turun kembali di bawah GBp 50, saya jusru menganjurkan untuk mereka yang belum sempat masuk di AML, untuk dapat menginisiasi pembeliannya di saham ini. Katalis dari AML ini adalah peluncuran SUV-nya yang sudah mulai dilakukan di bulan Juli sesuai rencana. Saat ini, kita masih harus melihat hasilnya, sementara harga AML sudah kembali lagi di atas GBp 50, dan ditutup di GBp 57.90 Jumat kemarin.
  • Minggu lalu, Banco Santander, yang sahamnya listed di Madrid Stock Exchange, menjadi saham yang kedua yang turun di bawah trailing-stop-nya (2.04), sehingga terkena hit. Dengan mengikuti trailing-stop, masih diperoleh capital-gain 9.7%. Not bad untuk 3 bulan, setara dengan annualised return hampir 40%. Saham ini juga masih berada di dalam JS Portfolio, dan saya tidak melepaskannya pada saat terkena hit. Penuruan harga di pasar yang cukup tajam terjadi, karena Bank ini mengumumkan adanya impairment cost sebesar Euro 10 Milyar. Sebagaimana diketahui, akuisisi menjadi pilihan Banco Santander untuk mengembangkan usahanya. Atas sejumlah akuisisi yang dilakukannya itu, Santander mencatatkan angka impairment charges di UK (Euro 6.1 Milyar), di US (Euro 2.3 Milyar), Polandia (Euro 1.2 Milyar), Consumer Finance (Euro 500 Juta), dan sisanya di kawasan Nordic dan Jerman. Kita tentu mengetahui, bahwa impairment charges merupakan non-cash. Bahkan dengan impairment charges itu, Santander masih dapat mencatat laba sebesar Euro $ 1.5 Milyar, sehingga total laba di dalam 6 bulan (Semester I/2020) mencapai angka $ 1.9 Milyar. Valuasi yang sangat menarik untuk perusahaan dengan Market-Cap sebesar Euro 30 Milyar. Market Cap ini juga masih di bawah nilai Equity Banco Santander saat ini (Euro 96 Milyar). Lebih dari itu, adanya impairment charges ini juga tidak harus mengganggu kecukupan modal Santander. Saat ini CET1 Santander tercatat di angka 11.8%, sesuai dengan target tertingginya di angka 12%. Untuk mereka yang baru join, dan belum mengalokasikan dana di Bank ini, dapat mulai mempertimbangkan untuk melakukan inisiasi pembelian saham ini. Harga sekarang ini berada di bawah harga saat Santander pertama-kali masuk di JSP tanggal 14 Mei. Dalam pandangan saya, reaksi pasar atas adanya pencatatan impairment charges ini berlebihan.
  •  Hari ini merupakan hari pertama perdagangan di bulan Agustus, mudah-mudahan dalam bulan ini ada 1 atau 2 saham yang dapat dimasukan ke dalam JSP.

Salam,

Joeliardi

Skip to toolbar