By Daniel Bartimeus.

Mengenali Tipe Investor, Profil Risiko, dan Behavioral Investor Type (BIT)

Sering kali kita menganggap bahwa setiap masalah yang dihadapi oleh seorang investor dapat diselesaikan dengan satu cara yang sama yang kita tahu mungkin efektif menyelesaikan permasalahan yang dihadapi investor lainnya. Kenyataan bahwa setiap investor memiliki tipe atau gaya investasi yang berbeda, profil risiko yang berbeda, dan Behavioral Investor Type (BIT) yang berbeda menjadikan setiap investor harus memiliki cara yang spesifik dan cocok untuk bisa membantu mereka mengambil keputusan terhadap investasinya.

Tipe investor pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu aktif dan pasif. Investor aktif identik dengan mereka yang mengikuti pergerakan pasar dalam bingkai waktu yang relatif pendek sedangkan investor pasif biasanya lebih fokus pada kondisi fundamental perusahaan sehingga memiliki perspektif terhadap waktu yang relatif lebih panjang. Investor aktif cenderung memiliki strategi buy low dan sell high pada setiap momentum perdagangan yang tercipta ketika ada kesempatan. Sementara itu investor yang pasif cenderung mengandalkan strategi buy and hold ketika harga saham perusahaan yang baik masih berada pada nilai yang wajar serta performa perusahaan yang terus meningkat dalam menciptakan value bagi pemegang saham.

Kedua tipe investor tersebut tentu mengambil keputusan dengan dasar pemikiran dan pertimbangan yang berbeda. Dasar pengambilan keputusan oleh seorang investor biasa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor kognitif dan faktor emosional. Tipe investor aktif dan pasif dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut namun dominasinya tergantung pada profil risiko masing-masing jenis investor. Pada umumnya tipe investor dengan profil risiko yang sangat rendah/tinggi akan banyak dipengaruhi oleh faktor emosional. Sedangkan tipe investor dengan profil risiko yang menengah akan banyak dipengaruhi oleh faktor kognitif. Faktor kognitif banyak berhubungan dengan informasi atau pengetahuan yang dimiliki oleh investor. Sementara faktor emosional berbicara banyak tentang emosi seseorang investor dalam menghadapi pergerakan pasar.

Pada investor dengan profil risiko rendah pada umumnya akan memiliki sifat fear yang diikuti dengan keinginan untuk melindungi nilai kekayaan mereka. Sedangkan investor dengan profil risiko tinggi biasanya memiliki sifat greeddengan kecenderungan untuk mengumpulkan kekayaan sebanyak-banyaknya.

BIT sendiri berbicara banyak mengenai bagaimana perilaku seorang investor dalam mengambil keputusan investasinya, yang banyak dikaitkan dengan keputusan yang bersifat irasional. Market seringkali menunjukan kondisi yang irasional, anomali, euphoria, atau exuberance. Dan hal tersebut banyak disebabkan karena pelaku pasar seringkali mengambil keputusan dengan dasar yang bias. Secara jangka pendek maupun panjang hal ini dapat memberikan dampak return yang kurang maksimal bagi para investor. Oleh karena itu penting bagi kita mengenali jenis dan tipe investor yang seperti apa kita ini, dan bagaimana mengatasi permasalahan di dalam investasi kita. 

Pak Joel sering berkata bahwa cara/metode berinvestasi yang beliau bagikan belum tentu cocok untuk semua orang. Ya, karena setiap dari kita pasti memiliki karakter investor yang berbeda. Dalam kesempatan ini saya ingin share dua dokumen quiz untuk membantu teman-teman untuk mengenali jenis dan tipe investor kita masing-masing.

Selamat mencoba.

Salam,

Daniel Bartimeus

Investor Type and Risk Profile Test:

https://www.proprofs.com/quiz-school/ugc/story.php?title=mze1otaymgp8li

BIT Test:

https://www.proprofs.com/quiz-school/ugc/story.php?title=mze1otaymgp8li

Skip to toolbar