By Zafirah Rizka

Hai , selamat pagi siang sore kapanpun saat kalian baca artikel ini.  How was your day ? Wishing your day as good as mine 

salam kenal ! aku Zafirah Rizka, seorang generasi bingung antara generasi Y atau Z cuz I was born on 1997 HAHA. Anyway ga masalah jenis generasi apa aku ini yang penting apa yang akan kita lakukan dengan bertambahnya usia kita tiap tahunnya.

Udah jalan 2 tahun ini aku lagi rajin rajinnya nih menekuni bidang keuangan terutama investasi, menurut aku sexy banget dan perlu banget dikulik lebih jauh. Karena masih banyak masyarakat kita yang salah kaprah tentang konsep dasar investasi atau bahkan masih terlalu takut melakukan investasi karena banyak berita investasi bodong dan lain sebagainya.

Sedikit info aku belajar investasi bener-bener dari zero, yah ortu aku ngajarin sih tentang investasi dan money management tapi jaman dulu kala gitu a.k.a kalo investasi berati harus wajib kudu dalam bentuk deposito atau tanah atau emas. Ya ampun tau sendiri kan harga emas atau tanah berapa, pasti rada susah buat yang baru dapet kerja. Nah padahal banyak banget jenis investasi yang bisa dimulai dengan modal kecil.

So in this article, I’d like to give you some tips “HOW TO START EASY INVESTING WITH ZERO PAIN” a.k.a investasi buat para newbie banget, like I used to haha. 

  1. Punya niat

Jelas dong segala sesuatu harus dimulai dari niat. Karena kalo kita ga niat, ngerjain apapun pasti jadi sembarangan bukan ?

Nah salah satu kunci biar niat kita muncul saat akan investasi menurut aku yang paling penting adalah menentukan  goals kita. 

Apa sih guna aku berinvestasi ? Mau aku buat biaya pendidikan S2, biaya nikah, biaya pendidikan anak, atau mau buat nambahin keran passive income atau apa ?

  • Profile Resiko

Udah termotivasi dong untuk investasi pastinya setelah kita ngebayangin tuh tujuan duit investasi kita mau dipake apa, selanjutnya ialah menentukan nih alat investasi nya. Nah sebelum menentukan alat investasinya kamu WAJIB sesuaikan sama profile resiko kamu!!!

Apa si profile resiko itu ? sebenernya gampang aja, profile resiko itu tingkat kesiapan kalian untuk mendapatkan duit dan kehilangan duit akibat dari exposure resiko berinvestasi. 

Jelas dalam investasi rumus “HIGH RISK HIGH RETURN”merupakan hukum pakem, jadi sesuaikan sama profile resiko kamu ya !

Gampangnya ada 3 profile resiko yaitu :

  • Konservatif  : ga mau kehilangan uang sama sekali kalo bisa, pokonya mau cuan nya aja. Bisa nih pake alat investasi deposito, RDPU,dll. 
  • Moderat : mulai berani buat kehilangan uang akibat paparan resiko investasi pada umumnya. Sudah bisa nih mulai lirik ke alat investasi : RDPT, Reksdana Campuran, Obligasi, dll.
  • Agresif : sudah berani kehilangan uang tapi cuan yang di dapat juga pada umumnya makin gede. Buat kamu yang agresif bisa banget lirik reksadana saham, saham, crypto,P2P lending,dll.
  • Lama Waktu Investasi

Setelah tahu profil resiko kamu dan kiranya alat investasi apa yang kamu pilih, jangan lupa juga untuk menentukan lama waktu berinvestasi. Karena sangat berkorelasi sama tujuan kita nih. Akan rada sulit dong kalo misalnya kita mau pake profit investasi kita jadi dana tambahan untuk S2 tapi kita pake time frame super pendek misalnya trading harian, wahh harus strict banget itu sama trading plan kalian! Kapan cutloss kapan trailing stop, dll.

  • Diversifikasi Alat Investasi

“Do not put all your eggs in one basket” pernah denger quote ini ?? pastinya pernah dong. Ini sangat berlaku banget bagi kita para investor. Ibarat kata nih kita naruh semua duit kita di satu dompet aja, eh ketika dompet itu dicopet apa akibatnya ? tentu kita langsung gulung tikar kan shayyy, kaga ada duit lagi haha.

Nah ini juga berlaku banget di investasi, kamu harus diversifikasi portofolio kamu di beberapa alat investasi atau sector investasi. Jadi kalo ada issue di salah satu sector gaperlu khawatir kehilangan semua duit kita. Diversifikasi ini juga merupakan cara jitu untuk meminimalisir risiko yang selalu ada dalam dunia investasi guys. 

  • Latih Skill Kalian

Last but not least! Belajar belajar dan belajar! Jaman sekarang belajar ga melulu dari text book, bisa banget dari webinar, youtube, learning by doing dan lain sebagainya. Karena investasi itu keep up sama namanya ekonomi makro, jadi kalo kalian ga up to date, I guess rada susah untuk tau sector apa yang lagi hot – hot nya di market saat itu ! hihi

Nah tadi itu tips-tips dari aku guys gimana kita mulai investasi terutama buat para newbie yang gatau apa2. Better mempersiapkan dalam diri dulu daripada modal uangnya haha. 

Sesuai sama quotes dari unknown yang isinya Dalam berinvestasi, apa yang nyaman, jarang menguntungkan.” Meaning dalam dunia investasi risiko tidak bisa dihapuskan tapi dapat dicegah.

Wishing you tons of luck in this investment world! See you in the next article

Regards,

Zafirah.

Skip to toolbar